PROGRAM KERJA

Program Kerja Kesiswaan
 

 

PROGRAM KERJA WAKASEK KESISWAAN

SMK NEGERI 2 PEUSANGAN

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

 

D

I

S

U

S

U

N

OLEH :

 

 

RINA AFRINA, S,Pd.I

NIP. 19850625 201003 2 001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH ACEH

DINAS PENDIDIKAN

SMK NEGERI 2 PEUSANGAN

2018 - 2019

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR............................................................................................

DAFTAR ISI............................................................................................................ ......    

BAB I   PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang ...................................................................................................
  2. Dasar Hukum......................................................................................................
  3. Maksud dan Tujuan............................................................................................
  4. Sistematika Penulisan..............................................................................

 

BAB II PENGORGANISASIAN KELAS XII.1 PERSIAPAN GRAFIKA

  1. Susunan Pengurus................................................................................................
  2. Struktur dan tugas Pokok....................................................................................
  3. Rincian Tugas......................................................................................................

 

BAB III PROGRAM WALI KELAS XII.1 PERSIAPAN GRAFIKA

  1. Program Wali Kelas.............................................................................................
  2. Kegiatan Pembelajaran di Kelas..........................................................................

 

BAB IV PENUTUP.............................................................................................................

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

  1. LATAR BELAKANG

 

Upaya peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia yang cerdas, terampil, berakhlak mulia dan mampu hidup bersaing  adalah tuntutan dari perkembangan zaman pada saat ini. Oleh karena itu upaya peningkatan SDM ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan di evaluasi secara berkala. Hal ini menjadi semakin penting karena perubahan-perubahan akibat perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi (Iptek) serta komunikasi menjadi semakin tidak kentara.

Salah satu bagian yang penting dalam upaya tersebut adalah sekolah sebagai fungsi pendidikan berkewajban untuk mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat, khususnya generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada kompetensi siswa yang diarahkan pada kompetensi multiple intelegensi sangatlah diharapkan. Oleh karena itu Upaya pengembangan Potensi Diri Siswa sangatlah diperlukan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

 

  1. TUJUAN
  2. Mengembangkan seluruh potensi siswa secara maksimal, baik potensi akademik maupun non akademik.
  3. Menyiapakan warga negara menuju masyarakat belajar yang cerdas dan memahami nilai-nilai masyarakat yang beradab.
  4. Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa sehingga timbul kecakapan hdup (life skiill) yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
  5. Memberikan kemampuan minimal untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan hidup bermasyarakat
  6. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah
  7. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
  8. Meningkatan  apresiasi dan penghayatan seni.
  9. Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara dengan berdasarkan Pancasila.
  10. meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi siswa untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani.
  11. RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN
  12. Program Pembinaan Kesiswaan (OSIS)
  13. Program Pembinaan Ekstrakurikuler
  14. Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.

 

  1. SASARAN PEMBINAAN

Sasaran Pembinaan adalah (a) upaya penyelamatan dan (b) pemberdayaan  Potensi diri Siswa kelas X, XI dan XII SMK Negeri 2 Peusangan tahun 2018/2019dengan  jumlah sebanyak   124 orang siswa

 

  1. HASIL YANG DIHARAPKAN
  2. Mampu melahirkan SDM yang memiliki keimanan, ketaqwaan, berkualitas, kompetitif, berdedikasi, mandiri dan profesional.
  3. Mampu meningkatkan prestasi siswa sesuai bakat dan minat siswa
  4. Mampu meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa melalui jalur pembinaan penyelamatan siswa dari bahaya perilaku menyimpang di kalangan siswa dan jalur pemberdayaan potensi diri

 

 

 

BAB II

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

WAKASEK BIDANG KESISWAAN

 

Seperti dikemukakan pada bagian terdahulu bahwa upaya pembinaan kesiswaan, terbagi menjadi 3 lingkup pembinaan yaitu :

  1. Program Pembinaan OSIS
  2. Program Pembinaan Ekstrakurkuler
  3. Program Unggulan Akademik dan Non Akademik
  4. PROGRAM PEMBINAAN  OSIS
  5. Pengertian

Satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan adalah Organisasi Intra Sekolah disingkat OSIS. OSIS bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisasi dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi Bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. Karena OSIS merupakan wadah organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang bersangkutan.

 

  1. Tujuan

Organisasi ini bertujuan mempersiapkan siswa sebagai kader penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani pembangunan nasional, untuk :

  1. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yg meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
  2. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
  3. Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
  4. Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).

 

  1. Materi Pembinaan

Materi pembinaan kesiswaan (OSIS) mencakup :

  1. Pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa
  2. Pembinaan Budi Luhur atau Akhlak Mulia
  3. Pembinaan Kepribadian Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara
  4. Pembinaan Prestasi akademik,seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat
  5. Pembinaan Demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup,kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural.
  6. Pembinaan kreativitas keterampilan dan kewiraswastaan
  7. Pembinaan kualitas  jasmani ,kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi.
  8. Pembinaan sastra dan budaya.

 

  1. Perangkat OSIS

Perangkat OSIS terdiri dari :

  • Pembina OSIS
  • Perwakilan kelas
  • Pengurus OSIS
  • Anggota OSIS

 

  1. PROGRAM PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER
  2. Pengertian Kegiatan Ekstra Kurikuler

Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar jam pelajaran biasa yang dilakukan di sekolah/luar sekolah  untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah secara berkala dan terprogram.

 

  1. Visi dan Misi
  2. Visi

     Visi kegiatan ekstra kurikuler adalah berkembangnya potensi, bakat dan minat secara optimal, serta tumbuhnya kemandirian dan kebahagiaan peserta didik  yang berguna untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

  1. Misi
    • Menyediakan sejumlah kegiatan yang dapat dipilih oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka.
    • Menyelenggarakan kegiatan yang memberikan kesempatan peserta didik mengespresikan  diri secara bebas melalui kegiatan mandiri dan atau kelompok.

 

  1. Tujuan Umum

Menunjang pencapaian tujuan institusional dalam upaya pembentukan manusia Indonesia seutuhnya berdasarkan Pancasila, yaitu :

(1) Manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur.

(1)  Memiliki pengetahuan dan keterampilan

(2)  Sehat jasmani dan rohani

(3)  Kepribadian yang mantap dan mandiri

(4)  Rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

 

  1. Tujuan Khusus
    1. Memberikan pengayaan kepada siswa yang menyangkut aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk menjadi manusia seutuhnya.
    2. Menambah pengetahuan dan keterampilan kepada siswa untuk memanfaatkan potensi lingkungan alam, lingkungan sosial dan lingkungan budaya.
    3. Mengembangkan kemampuan siswa untuk memanfaatkan kegiatan industri dan dunia usaha (kewiraswastaan)
    4. Mengembangkan keterampilan dan nilai-nilai kemanusiaan, ketekunan, kerja keras dan disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler.
    5. Menanamkan kemampuan dan keterampilan melakukan tindakan dan perilaku hidup sehat secara jasmani dan rohani.
    6. Menanamkan kemampuan meneliti dan mengembangkan daya cipta untuk menemukan hal baru
    7. Menanamkan nilai-nilai gotong royong, kerjasama, tanggungjawab dan disiplin melalui kegiatan koperasi sekolah
    8. Memberikan bekal kemampuan berorganisasi melalui kegiatan di sekolah dan di luar sekolah.
    9. Memberikan bekal keterampilan praktis yang diperlukan siswa untuk hidup di masyarakat, mencukupi kebutuhannya sendiri maupun membantu kebutuhan  orangtuanya.
    10. Menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab dalam upaya melestarikan lingkungan alam dan budaya
    11. Menanamkan budaya kerja dan etos kerja yang diperlukan untuk pembangunan berkelanjutan
    12. Menanamkan dan menambah wawasan kerohanian, mental dan agama untuk hidup dalam masyarakat, bangsa dan negara.
    13. Memberikan bekal kemampuan berbakti dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

 

  1. Fungsi Kegiatan Ekstra Kurikuler
    1. Pengembangan, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas peserta didik sesuai dengan potensi, bakat dan minat mereka.
    2. Sosial, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik.
    3. Rekreatif, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan suasana rileks, mengembirakan dan menyenangkan bagi peserta didik yang menunjang proses perkembangan.
    4. Persiapan karir, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik.

 

  1. Prinsip Kegiatan Ekstra Kurikuler
  2. Individual, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat peserta didik masing-masing.
  3. Pilihan, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan keinginan dan diikuti secara sukarela peserta didik.
  4. Keterlibatan aktif, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh.
  5. Menyenangkan, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler dalam suasana yang disukai dan mengembirakan peserta didik.
  6. Etos kerja, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang membangun semangat peserta didik untuk bekerja dengan baik dan berhasil.
  7. Kemanfaatan sosial, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.

 

  1. Bidang dan Jenis Kegiatan Pembinaan
  2. Bidang Olah raga
    1. Sepak Bola
    2. Volly Ball
    3. Tenis Meja
    4. Bulu tangkis
  3. Bidang Seni
    • Seni Suara
    • Seni Tari ( Ranup Lampuan, Tari kreasi baru, dll )
  4. Bidang  wawasan Kebangsaan
    • Pramuka
    • English Club
  5. Pembinaan  keterampilan dan  Kewirausahaan
  6. Jurnalistik/Mading

 

  1. Penyusunan Program Bimbingan Kegiatan Ekstrakurikuler

Untuk menunjang kelancaran, efisiensi dan efektifitas bimbingan kegiatan ekstrakurikuler perlu disusun program kegiatan bimbingan siswa. Komponen yang perlu dimasukan dalam program ini meliputi kegiatan yang dilaksanakan pada tahap persiapan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut kegiatan ekstrakurikuler

 

  1. PEMBINA EKSTRAKURIKULER

 

No.

Nama

Jabatan

Keterangan

1

Rina Afrina, S.Pd.I

Wakasek Kesiswaan

 

2

Suheri, S.Pd.I

Pembina OSIS

 

3

Rahmi, S.Pd

Pembina Pramuka

 

4

Lindawati, S.Pd

Pembina Mading

 

5

Dra. Fakhriati Ibrahim

Pembina English Club

 

6

Mansuri

Koord. Olah Raga

 

7

Tria Andila S.Pd

Koord. Seni

 

 

  1. PROGRAM UNGGULAN AKADEMIK DAN NON AKADEMIK
  2. Pengertian

Program Unggulan adalah program kegiatan kesiswaan yang merupakan program prioritas sekolah dengan fokus :

  1. Tercapainya sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dengan ketangguhan intelektual dan kekuatan moral.
  2. Adanya perubahan dari siswa pasif menjadi siswa aktif
  3. Memiliki keunggulan prestasi akademik dan atau non akademik untuk bidang tertentu sebagai bukti pertanggungjawaban keberhasilan pendidikan kepada masyarakat.
  4. Mampu berprestasi dalam kegiatan Olimpiade, FLS2N, dan LKS, di tingkat Kota/Provinsi dan Tingkat Nasional

 

  1. Sasaran Pembinaan 

Sasaran pembinaan adalah seluruh siswa kelas X, XI dan XII yang memiliki potensi dan prestasi yang dapat dikembangkan. Program Unggulan Akademik yaitu mata pelajaran kejuruan beserta bahasa inggris

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

Demikian Program Kerja Pembinaan Kesiswaan yang merupakan upaya program Pengembangan Potensi Diri Siswa di SMK Negeri 2 Peusangan dengan harapan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan dan target yang diharapkan.

Program Kerja ini tidak mungkin bisa terlaksana tanpa adanya dukungan dari semua pihak. Oleh karena itu upaya pemahaman terhadap program kerja ini dapat diupayakan secara maksimal demi terwujudnya Visi dan Misi SMK Negeri 2 Peusangan

           

Mengetahui                                                         Matangglumpangdua, 10 Juli 2018

Kepala Sekolah                                                               Wakasek Kesiswaan

 

 

 

Ermawati, S.Kom, M.Kom                                                 Rina Afrina, S.Pd.I

NIP.19770805 200604 2 006                                      NIP.19850625 201003 2 001