Program Kerja Kesiswaan
PROGRAM KERJA WAKASEK KESISWAAN
SMK NEGERI 2 PEUSANGAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
RINA AFRINA, S,Pd.I
NIP. 19850625 201003 2 001
PEMERINTAH ACEH
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 2 PEUSANGAN
2018 - 2019
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................
DAFTAR ISI............................................................................................................ ......
BAB I PENDAHULUAN
- Latar Belakang ...................................................................................................
- Dasar Hukum......................................................................................................
- Maksud dan Tujuan............................................................................................
- Sistematika Penulisan..............................................................................
BAB II PENGORGANISASIAN KELAS XII.1 PERSIAPAN GRAFIKA
- Susunan Pengurus................................................................................................
- Struktur dan tugas Pokok....................................................................................
- Rincian Tugas......................................................................................................
BAB III PROGRAM WALI KELAS XII.1 PERSIAPAN GRAFIKA
- Program Wali Kelas.............................................................................................
- Kegiatan Pembelajaran di Kelas..........................................................................
BAB IV PENUTUP.............................................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Upaya peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia yang cerdas, terampil, berakhlak mulia dan mampu hidup bersaing adalah tuntutan dari perkembangan zaman pada saat ini. Oleh karena itu upaya peningkatan SDM ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan di evaluasi secara berkala. Hal ini menjadi semakin penting karena perubahan-perubahan akibat perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi (Iptek) serta komunikasi menjadi semakin tidak kentara.
Salah satu bagian yang penting dalam upaya tersebut adalah sekolah sebagai fungsi pendidikan berkewajban untuk mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat, khususnya generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada kompetensi siswa yang diarahkan pada kompetensi multiple intelegensi sangatlah diharapkan. Oleh karena itu Upaya pengembangan Potensi Diri Siswa sangatlah diperlukan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
- TUJUAN
- Mengembangkan seluruh potensi siswa secara maksimal, baik potensi akademik maupun non akademik.
- Menyiapakan warga negara menuju masyarakat belajar yang cerdas dan memahami nilai-nilai masyarakat yang beradab.
- Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa sehingga timbul kecakapan hdup (life skiill) yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
- Memberikan kemampuan minimal untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan hidup bermasyarakat
- Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah
- Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
- Meningkatan apresiasi dan penghayatan seni.
- Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara dengan berdasarkan Pancasila.
- meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi siswa untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani.
- RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN
- Program Pembinaan Kesiswaan (OSIS)
- Program Pembinaan Ekstrakurikuler
- Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.
- SASARAN PEMBINAAN
Sasaran Pembinaan adalah (a) upaya penyelamatan dan (b) pemberdayaan Potensi diri Siswa kelas X, XI dan XII SMK Negeri 2 Peusangan tahun 2018/2019dengan jumlah sebanyak 124 orang siswa
- HASIL YANG DIHARAPKAN
- Mampu melahirkan SDM yang memiliki keimanan, ketaqwaan, berkualitas, kompetitif, berdedikasi, mandiri dan profesional.
- Mampu meningkatkan prestasi siswa sesuai bakat dan minat siswa
- Mampu meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa melalui jalur pembinaan penyelamatan siswa dari bahaya perilaku menyimpang di kalangan siswa dan jalur pemberdayaan potensi diri
BAB II
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
WAKASEK BIDANG KESISWAAN
Seperti dikemukakan pada bagian terdahulu bahwa upaya pembinaan kesiswaan, terbagi menjadi 3 lingkup pembinaan yaitu :
- Program Pembinaan OSIS
- Program Pembinaan Ekstrakurkuler
- Program Unggulan Akademik dan Non Akademik
- PROGRAM PEMBINAAN OSIS
- Pengertian
Satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan adalah Organisasi Intra Sekolah disingkat OSIS. OSIS bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisasi dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi Bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. Karena OSIS merupakan wadah organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang bersangkutan.
- Tujuan
Organisasi ini bertujuan mempersiapkan siswa sebagai kader penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani pembangunan nasional, untuk :
- Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yg meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
- Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
- Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
- Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).
- Materi Pembinaan
Materi pembinaan kesiswaan (OSIS) mencakup :
- Pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa
- Pembinaan Budi Luhur atau Akhlak Mulia
- Pembinaan Kepribadian Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara
- Pembinaan Prestasi akademik,seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat
- Pembinaan Demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup,kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural.
- Pembinaan kreativitas keterampilan dan kewiraswastaan
- Pembinaan kualitas jasmani ,kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi.
- Pembinaan sastra dan budaya.
- Perangkat OSIS
Perangkat OSIS terdiri dari :
- Pembina OSIS
- Perwakilan kelas
- Pengurus OSIS
- Anggota OSIS
- PROGRAM PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER
- Pengertian Kegiatan Ekstra Kurikuler
Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar jam pelajaran biasa yang dilakukan di sekolah/luar sekolah untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah secara berkala dan terprogram.
- Visi dan Misi
- Visi
Visi kegiatan ekstra kurikuler adalah berkembangnya potensi, bakat dan minat secara optimal, serta tumbuhnya kemandirian dan kebahagiaan peserta didik yang berguna untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
- Misi
- Menyediakan sejumlah kegiatan yang dapat dipilih oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka.
- Menyelenggarakan kegiatan yang memberikan kesempatan peserta didik mengespresikan diri secara bebas melalui kegiatan mandiri dan atau kelompok.
- Tujuan Umum
Menunjang pencapaian tujuan institusional dalam upaya pembentukan manusia Indonesia seutuhnya berdasarkan Pancasila, yaitu :
(1) Manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur.
(1) Memiliki pengetahuan dan keterampilan
(2) Sehat jasmani dan rohani
(3) Kepribadian yang mantap dan mandiri
(4) Rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
- Tujuan Khusus
- Memberikan pengayaan kepada siswa yang menyangkut aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk menjadi manusia seutuhnya.
- Menambah pengetahuan dan keterampilan kepada siswa untuk memanfaatkan potensi lingkungan alam, lingkungan sosial dan lingkungan budaya.
- Mengembangkan kemampuan siswa untuk memanfaatkan kegiatan industri dan dunia usaha (kewiraswastaan)
- Mengembangkan keterampilan dan nilai-nilai kemanusiaan, ketekunan, kerja keras dan disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler.
- Menanamkan kemampuan dan keterampilan melakukan tindakan dan perilaku hidup sehat secara jasmani dan rohani.
- Menanamkan kemampuan meneliti dan mengembangkan daya cipta untuk menemukan hal baru
- Menanamkan nilai-nilai gotong royong, kerjasama, tanggungjawab dan disiplin melalui kegiatan koperasi sekolah
- Memberikan bekal kemampuan berorganisasi melalui kegiatan di sekolah dan di luar sekolah.
- Memberikan bekal keterampilan praktis yang diperlukan siswa untuk hidup di masyarakat, mencukupi kebutuhannya sendiri maupun membantu kebutuhan orangtuanya.
- Menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab dalam upaya melestarikan lingkungan alam dan budaya
- Menanamkan budaya kerja dan etos kerja yang diperlukan untuk pembangunan berkelanjutan
- Menanamkan dan menambah wawasan kerohanian, mental dan agama untuk hidup dalam masyarakat, bangsa dan negara.
- Memberikan bekal kemampuan berbakti dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah.
- Fungsi Kegiatan Ekstra Kurikuler
- Pengembangan, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas peserta didik sesuai dengan potensi, bakat dan minat mereka.
- Sosial, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik.
- Rekreatif, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan suasana rileks, mengembirakan dan menyenangkan bagi peserta didik yang menunjang proses perkembangan.
- Persiapan karir, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik.
- Prinsip Kegiatan Ekstra Kurikuler
- Individual, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat peserta didik masing-masing.
- Pilihan, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan keinginan dan diikuti secara sukarela peserta didik.
- Keterlibatan aktif, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh.
- Menyenangkan, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler dalam suasana yang disukai dan mengembirakan peserta didik.
- Etos kerja, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang membangun semangat peserta didik untuk bekerja dengan baik dan berhasil.
- Kemanfaatan sosial, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.
- Bidang dan Jenis Kegiatan Pembinaan
- Bidang Olah raga
- Sepak Bola
- Volly Ball
- Tenis Meja
- Bulu tangkis
- Bidang Seni
- Seni Suara
- Seni Tari ( Ranup Lampuan, Tari kreasi baru, dll )
- Bidang wawasan Kebangsaan
- Pembinaan keterampilan dan Kewirausahaan
- Jurnalistik/Mading
- Penyusunan Program Bimbingan Kegiatan Ekstrakurikuler
Untuk menunjang kelancaran, efisiensi dan efektifitas bimbingan kegiatan ekstrakurikuler perlu disusun program kegiatan bimbingan siswa. Komponen yang perlu dimasukan dalam program ini meliputi kegiatan yang dilaksanakan pada tahap persiapan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut kegiatan ekstrakurikuler
- PEMBINA EKSTRAKURIKULER
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
Keterangan
|
1
|
Rina Afrina, S.Pd.I
|
Wakasek Kesiswaan
|
|
2
|
Suheri, S.Pd.I
|
Pembina OSIS
|
|
3
|
Rahmi, S.Pd
|
Pembina Pramuka
|
|
4
|
Lindawati, S.Pd
|
Pembina Mading
|
|
5
|
Dra. Fakhriati Ibrahim
|
Pembina English Club
|
|
6
|
Mansuri
|
Koord. Olah Raga
|
|
7
|
Tria Andila S.Pd
|
Koord. Seni
|
|
- PROGRAM UNGGULAN AKADEMIK DAN NON AKADEMIK
- Pengertian
Program Unggulan adalah program kegiatan kesiswaan yang merupakan program prioritas sekolah dengan fokus :
- Tercapainya sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dengan ketangguhan intelektual dan kekuatan moral.
- Adanya perubahan dari siswa pasif menjadi siswa aktif
- Memiliki keunggulan prestasi akademik dan atau non akademik untuk bidang tertentu sebagai bukti pertanggungjawaban keberhasilan pendidikan kepada masyarakat.
- Mampu berprestasi dalam kegiatan Olimpiade, FLS2N, dan LKS, di tingkat Kota/Provinsi dan Tingkat Nasional
- Sasaran Pembinaan
Sasaran pembinaan adalah seluruh siswa kelas X, XI dan XII yang memiliki potensi dan prestasi yang dapat dikembangkan. Program Unggulan Akademik yaitu mata pelajaran kejuruan beserta bahasa inggris
BAB III
PENUTUP
Demikian Program Kerja Pembinaan Kesiswaan yang merupakan upaya program Pengembangan Potensi Diri Siswa di SMK Negeri 2 Peusangan dengan harapan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan dan target yang diharapkan.
Program Kerja ini tidak mungkin bisa terlaksana tanpa adanya dukungan dari semua pihak. Oleh karena itu upaya pemahaman terhadap program kerja ini dapat diupayakan secara maksimal demi terwujudnya Visi dan Misi SMK Negeri 2 Peusangan
Mengetahui Matangglumpangdua, 10 Juli 2018
Kepala Sekolah Wakasek Kesiswaan
Ermawati, S.Kom, M.Kom Rina Afrina, S.Pd.I
NIP.19770805 200604 2 006 NIP.19850625 201003 2 001